DIHANTUI SETAN

DIHANTUI SETAN

Salah satu penyakit kelemahan jiwa yang dialami oleh seseorang yaitu “Perasaan Takut Dihantui Setan“. Penyakit ini muncul dan menjangkit hanya kepada jiwa jiwa yang lemah, yaitu pada manusia yang tumbuh berkembang di dalam lingkungan yang melemahkan jiwa.

Misalkan kebiasaan buruk orang tua yang selalu menakut nakuti anak kecil dengan setan jika anak tidak menuruti mereka, kalimat semisal “Awas nak ! kalau kamu tidak mau makan, nanti diculik sama setan kuntilanak”. Tanpa disadari kalimat yang seolah olah sepele seperti ini ternyata membawa dampak yang besar terhadap kelemahan jiwa.

Ditambah lagi cerita cerita mistis yang berkembang di masyarakat terkait tempat yang angker wingit dan betapa seramnya gangguan setan serta juga alur cerita di setiap film film yang bergenre horor, selalu menceritakan betapa mengerikannya gangguan setan. Akumulasi dari hal seperti ini menyebabkan sebagian masyarakat salah persepsi terhadap hakikat setan dan berlebihan dalam perasaan dihantui setan.


Rasa takut dihantui setan
Jika kita ingin berbicara mengenai setan yang mereka ini termasuk dalam ranah hal ghaib, maka satu satunya informasi mengenai setan yang paling benar yaitu yang bersumber dari Allah Azza wa Jalla Dzat Yang Maha Ghaib dan Yang Maha Mengetahui serta Menguasai hal Ghaib. Jika kita mengambil informasi tentang setan selain bersumber dari yang Disampaikan oleh Allah Ta’ala, maka kita akan terjerumus ke dalam informasi yang abu abu, tidak jelas, bahkan tersesat.

Terkait setan yang menghantui manusia, Allah Subhanahu wa Ta’ala Berfirman :

إِنَّمَا ذَٰلِكُمُ ٱلشَّيْطَٰنُ يُخَوِّفُ أَوْلِيَآءَهُۥ فَلَا تَخَافُوهُمْ وَخَافُونِ إِن كُنتُم مُّؤْمِنِينَ

” Sesungguhnya mereka itu tidak lain hanyalah setan yang menakut nakuti (kamu) dengan kawan kawannya, karena itu janganlah kamu takut kepada mereka, tetapi takutlah kepada Ku, jika kamu benar benar orang yang beriman.” (Surat Ali ‘imran ayat 175)

Tafsir Ibnu Katsir menjelaskan arti ayat ini adalah setan dan kawan kawan nya menakut nakuti manusia sehingga manusia menyangka setan mempunyai kekuatan dan kedahsyatan.

Biasanya orang yang merasa takut dihantui setan ini memiliki jiwa yang lemah disebabkan karena rasa takutnya kepada Allahu Robbul Arsyil Adzim sangat kurang, misalkan mereka berani dengan kesadaran melanggar Larangan Nya dan dengan sengaja menolak Perintah Nya, sehingga hilang kekhusyuan kepada Allah, hilang khouf rasa takut nya kepada Allah, hilang roja’ rasa harapan kepada Allah.

Setan mengambil kesempatan pada jiwa yang lemah ini dengan membisikkan rasa takut dan menghantui kehidupan manusia. Saking takutnya jiwa yang lemah ini kepada setan, sampai sampai mereka meminta perlindungan justru kepada kawan kawan setan. Bukannya berlindung kepada Allah Jalla wa A’la, justru mereka malah mendatangi dukun untuk meminta perlindungan. Kebingungan ini tak lain disebabkan karena minimnya pemahaman agama Islam yang lurus serta kurang nya ma’rifatulloh mengenal Allah.

Allah Azza wa Jalla Berfirman :

…أَلَيْسَ ٱللَّهُ بِكَافٍ عَبْدَهُۥ ۖ وَيُخَوِّفُونَكَ بِٱلَّذِينَ مِن دُونِهِ

” Bukankah Allah cukup untuk melindungi hamba hambaNya. dan mereka menakuti kamu dengan selain Allah…” (Surat Az Zumar ayat 36)

Dalam ayat ini, kita diajarkan untuk mencukupkan diri kita hanya dengan Memohon Perlindungan kepada Allah Ta’ala saja untuk menghilangkan rasa takut kepada selain Allah. Tidak sepantasnya seorang mukmin takut kepada setan dan kawan kawannya. Orang mukmin harus percaya yakin kepada Allah Subhanahu wa Ta’ala dan tawakkal berserah diri kepada Nya. Hendaknya seorang mukmin mengetahui dan menyadari bahwa tipu daya setan itu lemah, setan tidak punya apa apa selain was was berupa bisikan negatif dalam pikiran. Hendaknya seorang mukmin berlindung kepada Allah dari bisikan was was ini. Bahkan Allah memotivasi kita untuk berani melawan setan.

Obat Dari Rasa Takut Dihantui Setan

Tidak ada resep obat kimia atau jamu atau operasi apapun bagi penderita rasa ketakutan dihantui setan. Satu satunya resep yang ampuh mengobati rasa takut adalah keberanian. Ya.. keberanian adalah obat yang paling manjur dan mujarab untuk penyakit rasa takut dihantui setan ini, InsyaAllah.

Allah Jalla wa A’la Memotivasi Menyemangati kita untuk berani melawan setan. Keberanian dan percaya diri atas dasar tawakkal kepada Allah akan mengobati rasa takut dihantui setan. Allah Berfirman :

أُو۟لَٰٓئِكَ حِزْبُ ٱلشَّيْطَٰنِ ۚ أَلَآ إِنَّ حِزْبَ ٱلشَّيْطَٰنِ هُمُ ٱلْخَٰسِرُونَ…

” …Mereka itulah golongan setan. Ketahuilah, bahwa sesungguhnya golongan setan itulah golongan yang merugi.” (Surat Al Mujadilah ayat 19)

Ternyata setan dan kawan kawan nya inilah kelompok yang lemah payah dan rugi, oleh karenanya Allah Perintahkan kepada manusia untuk bangkit berani melawan setan dan kawan kawannya. Allah Berfirman :

فَقَٰتِلُوٓا۟ أَوْلِيَآءَ ٱلشَّيْطَٰنِ ۖ إِنَّ كَيْدَ ٱلشَّيْطَٰنِ كَانَ ضَعِيفًا…

“… Oleh sebab itu, perangilah kawan kawan setan itu, karena sesungguhnya tipu daya setan itu lemah.” (Surat An Nisa’ ayat 76)

Setelah menyadari sebab jiwa yang lemah takut kepada setan dan juga setalah memahami bahwa tipuan setan itu lemah, maka jiwa yang lemah akan kembali menjadi kuat berkat Perlindungan dari Allah. Rasulullah shallallahu’alaihi wa sallam bersabda :

” Orang mukmin yang kuat lebih baik dan lebih Dicintai Allah daripada mukmin yang lemah, masing masing mempunyai kebaikan. Bersemangatlah melakukan apa yang bermanfaat bagimu, mohonlah pertolongan kepada Allah dan janganlah merasa lemah. Jika sesuatu menimpamu maka jangan katakan ” Kalau saja kau melakulan ini maka akan begini dan begitu “, tetapi katakanlah ” Allah menakdirkan semua. apa yang DikehendakiNya maka Dia akan Melakukannya.” Sesungguhnya kalimat ” Kalau saja“, bisa membuka perbuatan setan.” (Hadits Riwayat Muslim)

Setelah jiwanya berubah menjadi kuat maka keyakinan penuh kepada Allah dan RasulNya akan membawa kepada kemenangan mengalahkan rasa takut dihantui setan. Allah Berfirman :

كَتَبَ ٱللَّهُ لَأَغْلِبَنَّ أَنَا۠ وَرُسُلِىٓ ۚ إِنَّ ٱللَّهَ قَوِىٌّ عَزِيزٌ

” Allah telah Menetapkan : ” Aku dan Rasul rasul Ku pasti menang.” Sesungguhnya Allah Maha Kuat lagi Maha Perkasa.”

Demikianlah Bimbingan Allah dan Rasulnya tentang mengatasi rasa ketakutan dihantui setan yang sesuai dengan petunjuk Al Qur’an dan As Sunnah. Wallahu a’lam

Sumber tulisan : Ust Baskoro

Konsultasi ruqyah
Kami akan melayani Anda dengan profesional sepenuh hati, silahkan hubungi Kami melalui WhatsApp, klik nomer berikut ini : WA 081578739566

Ruqyah QHI Klaten
Ustadz Dedi Saputra CAHTM 

Google maps: Ruqyah QHI Klaten

Postingan populer dari blog ini

TERAPI PROMIL (Program Kehamilan) Rumah Sehat Holistik Asy Syifa Klaten

Teks Deteksi gangguan jin

RAHASIA 'AIN DAN HASAD